ADMIN MENERIMA OPINI PUBLIK (Klik disini)

news.detik

Jumat, 04 Oktober 2013

Menang Pilkades, Berkat Program PNPM

Atmawi Yanto, 
Ketua TPK Desa Alasrejo
Atmawi Yanto, Ketua TPK PNPM Desa Alasrejo Kecamatan Wongsorejo dapat berbangga hati, pasalnya tak lama lagi ia akan dilantik sebagai Kepala Desa Alasrejo setelah memenangi Pilkades 5 September lalu. Menarik dicermati karena dua dari delapan calon sebelumnya pernah aktif dalam kegiatan PNPM yakni sebagai ketua TPK Desa. Seakan ada korelasi apik antara politik dan sosial terhadap kegiatan PNPM dalam Pilkades di desa ini.

Desa Alasrejo terbagi menjadi dua dusun yakni Alasmalang dan Kebunrejo yang secara bergantian mendapat kegiatan PNPM sejak tahun 2009. Secara keseluruhan sejak 2009 dana BLM yang diterima lebih dari 500 juta yang digunakan untuk membangun jalan, talud dan plengsengan termasuk kegiatan simpan pinjam. Kelompok pemanfaat simpan pinjam di Desa Alasrejo lebih dari 10 kelompok pemanfaat dengan anggota lebih dari 200 orang dan tersebar di dua dusun tersebut. Hasil pembangunan melalui PNPM sagat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “PNPM sangat membantu warga, jalan yang dibangun sangat panjang tidak seperti yang lain” kata salah satu warga Dusun Kebunrejo.

Besarnya manfaat yang dirasakan hasil kegiatan PNPM ini melahirkan harapan yang lebih besar lagi bagi masyarakat, sehingga mendorong kepada ketua TPK Atmawi Yanto untuk dicalonkan sebagai kepala desa. “selama tahun 2009, saya tahu dia berjuang demi membangun desanya melalui PNPM dan hasilnya sudah banyak yang dirasakan oleh masyarakat, saya setuju jika dia menjadi kepala desa” demikian dikatakan Kepala Dusun Alasmalang.

Atmawi Yanto sangat familier di masyarakat, selain melaksanakan berbagai aktifitas kesehariannya ia juga sering mengunjungi kelompok-kelompok SPP, melakukan penagihan sekaligus pembinaan. Dari hal tersebut masyarakat terutama kelompok ibu-ibu cukup simpatik terhadap apa yang dilakukan Atmawi. Menurutnya masyarakat harus dikelola dengan baik sehingga dapat mendorong hubungan dan kehidupan sosial menjadi semakin harmoni. “kami tidak tahu harus memilih siapa, yang penting PNPM harus selalu ada di desa kami” kata Miswati, pengelola kegiatan SPP di desa.

“Saya berterima kasih sekali pada PNPM, melalui PNPM kami bisa meningkatkan pembangunan yang ada, tahun ini kami sedang menyelesaikan pembangunan talud sepanjang 1430 m. Masyarakat sangat senang” hal itu disampaikan Atmawi pada saat koordinasi persiapan pelantikan kepala desa dengan camat. Pembangunan talud ini menyedot perhatian banyak orang, selain secara bersamaan sedang memanasnya suasana politik pilkades, juga kegiatan ini dilaksanakan banyak pekerja. Sehingga pembangunan yang sedang berlangsung menjadi riuh gempita. Lebih dari 20 orang yang bekerja setiap hari dan bergilir setiap minggu. Masyarakat benar-benar merasyakan hasil dari kegiatan PNPM ini. “kami senang dilibatkan dalam proyek ini meskipun sebentar” kata Minto, salah satu pekerja.

Hasil pembangunan PNPM sangat nyata dan langsung dirasakan oleh masyarakat. Hal itu lah yang mendasari sebagain besar masyarakat memilih Atmawi Yanto ketua TPK Desa dalam pilkades yang lalu. Apa yang dilakukan Atmawi Yanto dalam memfasilitasi kegiatan PNPM bisa langsung menyentuh masyarakat. Tidak heran jika dorongan untuk mengikuti pilkades sangat besar dan pada akhirnya memenangi pilkades ini. Tanggal 4 Oktober 2013 mendatang Atmawi Yanto akan dilantik sebagai kepala desa.

Tidak ada komentar: